Senin, 08 November 2010

Jenis-jenis Komputer


Jenis-jenis komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Komputer mempunyai golongang tersendiri. Penggolongan komputer berdasarkan atas data yang diolah, penggunaan, kapasitas/ ukurannya, dan generasinya.

1.    Komputer Berdasarkan Data yang Diolah

a.   Komputer Analog
Komputer analog adalah komputer yang mengolah data dengan menerjemahkan keadaan fisik. Data yang dimasukkan dalam bentuk analog, seperti cuaca, jam analog, dan tekanan udara. Komponen elektronik yang digunakan sebagai inti dari komputer analog adalah op-amp (operational amplifier). Contoh dari komputer analog adalah komputer penghitung aliran BBM pada SPBU.

b.  Komputer Digital
komputer digital adalah komputer yang mengolah data dengan menerjemahkan dalam kondisi benar dan salah, dengan menggunakan bilangan binary (0 dan 1). data yang dimasukkan dalam bentuk digital. komputer ini diciptakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif, dalam bentuk angka, huruf, tanda baca, dan lain-lain. Komputer digital mengubah sinyal menjadi kombinasi urutan bilangan 0 dan 1 (bilangan biner) untuk proses informasi yang mudah, cepat dan akurat. sinyal ini memiliki keunggulan yang tidak ada pada teknologi analog. Keunggulannya yaitu mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan yang tinggi, penggunaan yang berulang-ulang tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitas informasi, informasi dapat dengan mudah diproses dan dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk, Dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimnya secara interaktif.

c.   Komputer Hibrid
Komputer hibrid merupakan hasil penggabungan sistem komputer analog dan digital.komputer ini digunakan untuk kerja-kerja penyelidikan, seperti mengkaji keadaan cuaca, keadaan laut, ramalan keadaan saham di bursa saham, dll. Komputer ini dapat digunakan untuk pengolahan data yang sifatnya kuantitatif maupun kualitatif

2.   Komputer Berdasarkan Penggunaannya

a.   Komputer untuk tujuan khusus (special purpose computer)
Komputer ini dirancang dan dibuat untuk suatu tujuanyang sifatnya khusus. Misalnya komputer pada rumah sakit, komputer alat-alat kedokteran, dan komputer untuk pengatur rambu lalu-lintas.

b.  Komputer untuk tujuan umum (general purpose computer)
Komputer ini dirancang dan dibuat untuk suatu tujuan yang sifatnya umum, agar dapat membantu aktivitas manusia dalam bekerja. Contohnya Personal Computer (PC).

3.   Komputer Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya

a.   Komputer mikro (micro computer)
Komputer mikro (micro computer) adalah komputer yang menggunakan mikroprosesor sebagai CPU utamanya. Komputer mikro juga dikenal sebagai Personal Computer (PC), Home Computer, atau Small-business Computer. Jenis komputer mikro yang pernah beredar contohnya, Altair 8800, Tandy TRS-80, IBM PC/kompatibel (Desktop), IBM PC/kompatibel (Laptop), Apple I, Apple II, Apple Lisa, Apple Macintosh, Apple iMac, Apple MacMini, Apple PowerMac, Apple PowerBook, Apple iBook, Apple MacBook.

b.  Komputer mini (mini computer)
Komputer mini (mini computer) adalah komputer multi-user yang dalam spektrum komputasi berada di posisi menengah di bawah komputer mainframe dan sistem komputer single-user seperti komputer pribadi. Istilah komputer mini saat ini sudah dianggap kuno dan diganti dengan istilah-istilah seperti komputer menengah IBM (midrange system) dalam dunia IBM, stasiun kerja (workstation) dalam dunia Sun Microsystems, dan UNIX/Linux serta server. Komputer mini yang pernah beredar yaitu, PDP-8 (Programmable Data Processor 8), PDP-11 (Programmable Data Processor 11),VAX (Virtual Address eXtension), Xerox Star, IBM System/370.

c.   Komputer kecil (small computer)
d.  Komputer menengah (medium computer)
e.   Komputer besar (large computer)
f.    Komputer super (super computer)

4.   Komputer Berdasarkan Generasinya

a.   Komputer generasi pertama
Komputer generasi pertama memiliki ukuran yang sangat besar. Komputer generasi pertama terbuat dari tabung hampa (vacuum tubes). Komputer yang termasuk ke dalam generasi ini, yaitu :
·      Z3
Z3 diciptakan tahun 1941 oleh seorang insinyur dari Jerman bernama Konrad Zuse. Komputer ini digunakan untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
·      Collocus
Collocus diciptakan tahun 1943 oleh Inggris, tetapi digunakan oleh Jerman. Komputer ini digunakan untuk memecahkan kode rahasia. Komputer ini hanya mampu menyelesaikan satu masalah (single purpose).
·      Kalkulator elektronik
Kalkulator elektronik adalah komputer kalkulator elektronik. Komputer ini dibuat oleh seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM yang bernama Howard Aiken. komputer ini digunakan oleh tentara marinir Amerika (US Navy). Ukuran komputer ini hampir setengah lapangan sepak bola dan memiliki kabel sepanjang 500 mil.
·      Mark I
Mark I merupakan komputer relai elektronik. komputer ini seperti kalkulator menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. mark beroprasi sangat lambat (3-5 detik setiap kalkulasinya). komputer ini dapat melakukan perhitungan aritmatika dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
·      Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC)
Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980) dan dibuat atas kerjasama pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Komputer ini memiliki ukuran yang sangat besar dan terdiri dari 18.000 tabung hampa, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder dengan daya listrik sebesar 16 kW. ENIAC merupakan komputer serbaguna yang memiliki kecepatan 1000 kali lebih cepat dari MARK I.
·      Electronic Discrete Variabel Automatic Computer (EDVAC)
Komputer ini diciptakan pertengahan tahun 1940-an oleh John Von Neumann (1903-1957) dengan tim University of Pennsylvania. komputer ini menggunakan memori untuk menampung data dan program dan sudah mengandalkan CPU sebagai proses sentral untuk mengkoordinasikan semua fungsi komputer.
·      ENIVAC I (Universal Automatic Computer I)
Komputer ini dibuat tahun 1951 oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann tersebut.

b.  Komputer generasi kedua
Komputer generasi ini ditandai dengan penggunaan transistor sebagai komponen elektroniknya (1956), sehingga komputer menjadi lebih cepat, lebih kecil, dan lebih hemat biaya. Ini juga dikarenakan penemuan pengembangan memori inti-magnetik. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah super komputer. Contoh komputer pada generasi ini yaitu :
·      Stretch (dibuat oleh perusahaan IBM)
·      LARC (dibuat oleh Sprery-Rand)
·      IBM 1620 dan 1401 (dibuat oleh perusahaan IBM).
Komputer generasi ini menggunakan bahasa assembly (bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner). pada generasi ini, banyak bahasa pemrograman yang bermunculan, seperti bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN).

c.   Komputer generasi ketiga
Komputer pada generasi ini telah menggunakan IC (Integrated Circuit). Komponen komputer pada generasi ini juga lebih praktis dan lebih baik, yaitu semikonduktor yang dipadatkan dalam sebuah chip, sehingga komputer berukuran lebih kecil. Transistor menghasilkan panas yang cukup besar dan dapat merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) dapat menghilangkan masalah ini. Jack Kilby mengembangkan circuit terintegrasi (1958). IC mengkombinasikan 3 komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. para ilmuan berhasil memasukkan lebih banyak komponen ke dalam chip tunggal, sehingga komputer menjadi semakin kecil. Selain itu, komputer generasi ini juga menggunakan sistem operasi (operating system) yang memungkin mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer. contoh komputer generasi ini, yaitu :
·      PC-XT
·      PC-AT 286,386.

d.  Komputer generasi keempat
Komputer pada generasi ini sudah dilengkapi dengan teknolog LSI (Large Scale Integration) yang mampu menyatukan ratusan komponen dalam sebuah chip. Kemudian VLSI (Very Large Scale Integration) yang mampu menyatukan ribuan komponen dalam sebuah chip. selain itu ada juga ULSI (Ultra Large Scale Integration) yang menyatukan jutaan komponen dalam chip. komputer generasi ini memiliki ukuran yang sangat kecil. kemudian, komputer menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (dekstop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), dan komputer yang dapat digenggam (plamtop). Contoh komputer pada generasi empat, yaitu :
·      PC-AT 486
·      Pentium
·      Pentium II
·      Pentium III
·      Pentium IV
·      Athlon
·      AMD K6
·      Pentium Mobile
·      Core soo
·      Core Duo
·      Core 2 Duo
·      Core 2 Quad

e.   Komputer generasi kelima
Komputer pada generasi ini mempunyai lebih banyak unit pemroses yang berfungsi serentak untuk menyelesaikan lebih dari satu tugas pada satu masa. Komputer pada generasi ini juga seolah-olah dapat berpikir sendiri dan dapat bertindak dengan mengeluarkan suara melalui sebuah mikrofon. Komputer generasi kelima ini dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Robot Asimo (produk Jepang) merupakan salah satu komputer generasi kelima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar