Kamis, 11 Agustus 2011

Fasilitas-fasilitas dalam Internet


Internet merupakan jaringan komputer yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia sehingga kita dapat berkomunikasi dengan orang lain yang jaraknya jauh dari tempat kita berada. Internet memiliki berbagai fasilitas. Dengan internet, kita dapat memperoleh atau mendapatkan informasi yang kita butuhkan dengan mudah. Fasilitas-fasilitas internet di antaranya:
1.       Www
Www merupakan kependekan dari Word Wide Web. Www lebih dikenal dengan sebutan web. Web merupakan fasilitas internet yang paling sering kita gunakan untuk mencari informasi. Fasilitas ini berisi database terdistribusi. Kita dapat mengakses informasi melalui web dengan mudah dan baik. Informasi yang dapat kita peroleh bisa berupa teks, gambar, suara, film, dan animasi multimedia. Misalnya, untuk mengakses berita dan dunia hiburan, kita dapat membuka http://www.okezone.com/ . Selain itu, untuk mengakses atau mendownload film, kita dapat membuka http://www.youtube.com/ .

2.       Blog
Blog merupakan situs yang dimiliki secara pribadi atau perseorangan. Biasanya, berisi catatan harian seseorang atau bisa juga berisi materi lainnya. Biasanya orang-orang juga sering memuat suatu informasi yang sekiranya dibutuhkan orang lain ke dalam blog mereka. Jadi, selain fasilitas web, kita juga bisa mendapatkan informasi dari fasilitas blog ini. Misalnya blog http://aciautis.blogspot.com/ yang memuat catatan pribadi seseorang dan informasi mengenai hardware untuk mengkases internet. Untuk membuat blog, kita dapat mendaftarkan diri ke http://www.blogspot.com/ atau ke situs web lainnya yang menyediakan layanan blog, seperti wordpress dan blogger.

3.       Toko online
Toko online atau online stores merupakan salah satu fasilitas web yang menyediakan fasilitas jual-beli secara online. Dengan fasilitas ini, kita dapat membeli barang tanpa harus pergi kemana pun. Cukup memesannya saja. Biasanya pembayaran dilakukan denagn kartu kredit atau transfer melalui rekening. Mengenai pengirimannya biasanya dilakukan dengan menggunakan jasa pos.

Selain fasilitas-fasilitas di ataus, dengan internet, kita juga dapat membuka e-mail. E-mail merupakan salah satu fasilitas internet yang dapat digunakan untuk berkomunikasi atau berhubungan langsung dengan orang lain melalui surat elektronik dari seluruh penjuru dunia. E-mail yang paling populer saat ini yaitu Yahoo!Mail dan Gmail.

Fasilitas lain dari suatu internet adalah Mailing List dan Forum Diskusi. Keduanya memiliki fungsi sebagai fasilitas untuk berdiskusi secara elektronik. Akan tetapi, keduanya juga memiliki perbedaan. Perbedaannya terletak pada sarananya. Mailing list menggunakan sarana e-mail. Sedangkan forum diskusi menggunakan sarana web.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar